Sabtu, 23 November 2013

Sampaikan Pesan Moral Lewat Cerita


CERITA, memang bisa diakui semua orang suka mendengarkan cerita. Entah itu anak kecil bahkan sampai orang dewasa. Kenapa orang suka cerita ya??? Banyak jawaban untuk menjawab pertanyaan ini, ada yang bilang karena seru, menarik, memunculkan rasa ingin tahu, dan seterusnya.
Apalagi anak-anak...kalau ditanya....siapa yang mau pingin denger ceritaaa???? Mereka pasti jawab dengan lantang,,,SAYAA...SAYAA!!!!
Ya.... itulah yang terjadi, bahkan sampai-sampai anak-anak ketagihan dengan apa yang namanya cerita.
Naah..disinilah, peluang besar untuk kita memasukkan sebuah nilai nilai moral kepada mereka melalui metode yang memang mereka sukai yaitu CERITA.
Memang ini sebuah metode efektif, walapun ada juga yang mengatakan ini merupakan metode KUNO. Ya...boleh lah dibilang sepertyi itu, karena memang tradisi cerita bermula sejak zaman nenek moyang dulu.
Kenapa metode cerita sangat cocok untuk diterapkan???
CERITA bukanlah ceramah biasa, didalamnya ada sebuah alur peristiwa/ kejadian, dan ada pesan-pesan hikmah tentunya. Dengan cerita kita tidak terkesan menggurui dan mendekte anak didik harus begini dan begini. Tapi biarlah mereka berproses untuk mengambil pesan-pesan yang disampaikan, kita hanya memberikan stimulus saja kepada mereka.
Saatnya Berbagi Cerita dan Motivasi...
Sejumlah anak-anak terlihat ceria mengikuti kegiatan Peringatan Hari Anak di SD NU Sleman Yogyakarta. Berbagai rangkain acara pentas seni anak ditampilkan. Keratif dechh,,,mulai dari penampiulan rebana dengan aransemen yang unik, dipadukan dengan keyboard dan gamelan, musikalisasi puisi, tarian ala jawa yang mengangkat tradisi jawa.
Dan yang ditunggu-tunggu anak-anak, yaitu cerita. Hmm..sebenarnya aku awalnya nggak percaya juga dengan kemampuanku. Namun, PD ajalah..dengan kemampuan yang ku miliki, berusaha tampil maksimal. Alhamdulillah dechhh....sukses juga dechh..bisa membuat bahagia, ketawa ketiwi, tapi juga tak lupa menyampaikan pesan-pesan moral untuk mereka sebagai bekal menjadi generasi terbaik di masa depan.
Kunci keberhasilan cerita, ternyata juga ditentukan oleh kesan-kesan awal membuka sebuah cerita, kita harus benar-benar membawa mereka tertarik dengan cerita kita buat anak-anak fokus mendengarkan cerita. Maka diawal perlu mengkondisikan mereka,bisa dengan ice breaker atau komunikasi dua arah. Buat anak nyaman dengan kita,  setelah itu baru masuk ke cerita.  Kita masuki dulu dunia mereka kalau udah gitu maka mudah dech melangkah ke cerita dan kita berikan motivasi-motivasi akan menjadikan mereka pribadi yang hebat menuju generasi masa depan.


Yogyakarta, 23 November 2013