Senin, 04 November 2013

Langkah Kitaa… Di TRAINING FOR TRAINER BATCH 7

Alhamdulillah..sebuah kata yang pantas dilantunkan sebagai ungkapan rasa syukur yang tak terhingga. Pengalaman yang mungkin tak pernah terlupakan dalam hidupku. Bisa bertemu dengan para peserta yang luar biasa dari berbagai wilayah bumi Indonesia. Mereka dari berbagai berbagai macam profesi, guru, mahasiswa, dosen, pengasuh yayasan,  trainer, bahkan dokter/ perawat serta berbagai macam profesi lainnya. Satu hal yang aku ambil dari mereka adalah SEMANGATnya yang luarr biasaa…. Padahal sebagian dari mereka tergolong sudah berumur kepala 3 keatas, alias sudah menjelang tua..peace… J
Tapi JEMPOL dech buat mereka, mereka merelakan waktu, tenaga, dan biaya demi mendapatkan ilmu dan mengembangkan pribadinya menjadi lebih baik.

BAHAGIA
          Memang… tak sekedar pelatihan  biasa, tapi membuat peserta bahagia dengan canda dan tawa.Memang LUARR BIASSA..seakan kita tak punya masalah dan melupakan segala permasalahan yang ada. Hmm…ketika taka amat-amati, tak ada muka masam, murung, lemas, capek diantara wajah peserta, semuanya dengan PENUH SEMANGAT.
Apa yang menyebabkan peserta senang dan bahagia? 
Iyaa…tak lain dan tak bukan karena tingkah para TRAINER dan PESERTA.
Yang paling seru adalah ketika para trainer mengajari ICE BREAKER, dan para PESERTA mempraktekkannya. Dengan gaya yang AUTIS (Asyik, Unik dan Tetap narchIS) mereka menampilkan ice breaker….lucuuu luccuu…uniiikk uniiik…hahahaaaaaa..Pokoknya bikin ngakak terussss…Iya towwww????
ICE BREAKER adalah sebuah cara untuk memecah kebekuan. Dari yang suasananya tegang menjadi menyenangkan. Seyogynya, memang semua guru harus punya ini niee…Sangat banyak fungsinya ketika ngajar dikelas. Siswa akan sulit menangkap materi yang guru sampaikan ketika kondisi anak tidak pada gelombang ALPHA. Sehingga, guru pun harus mengALPHAkan dulu siswanya, sehingga mereka ada dalam keadaan yang siapa menerima materi yang akan disampaikan. Dalam kondisi inilah para siswa akan mudah menerima apa yang disampaikan. Naahhh…haruss perbanyak ICE BREAKER nie…

MEMILUKAN
Tak hanya bikin ketawa, moment 2 hari itu juga membuat hati ini tersentuh, sungguh memilukan. Banyak kisah-kisah inspiratif dan kisah-kisah motivasi yang disampaikan trainer dan juga para peserta ketika praktek public speaking. Jadi mrinding ketika ingat cerita teman-teman yang dahsyat. Hiks hiks hiks.
Ya..melalui cerita kita bisa mengambil sebuah pelajaran dan hikmah dari cerita itu, tanpa terkesan menggurui.
Sangat penting bagi seorang tenaga pendidik atau orang tua untuk belajar BERCERITA nie..melalui cerita kita bisa menanamkan kebaikan tanpa ada kesan menggurui. Dan memory audience akan lama mengingat sebuah cerita daripada sebuah perintah/ nasihat. Yuuuk…belajar bercerita….

TRAINER ASYIK
Kang Deden
Kang Uga
Kang Salwi
Kang Bara
Kang Dhamar
Merekalah yang melatih kita menjadi orang yang luarr biasaaa…
Kang Deden, banyak mengajari kita menjadi guru yang asyik yang menyenangkan, dan banyak sekali ICE BREAKER2 Gokiilll yang membuat perut kocak.hahaha..maksih dech 
Kang Uga, banyak mengajari kita bagaimana menjadi public speaker yang baik. OO..ternyata untuk bisa ngomong yang baik, juga ada olah vokalnya juga.
Kang Salwi, mengajari bagaimana cara membuat slide yang baik dan menarik. Selanjutnya, Kang Bara dan Kang Dhamar mengajari trik2 sulap yang membuat para peserta MLONGO… Haaaa””””” KOK BISA yaaaa….”””” ????
Banyak hal yang bisa kita bawa pulang setelah pelatihan dechhh….
Tujuan pelatihan ini adalah untuk mencetak para TRAINER dan MOTIVATOR.
Namun, SALUT dan TRENYUH ketika mendengar latar belakang para peserta ikut pelatihan ini.
-          Seorang peserta ada yang karena ingin memotivasi anak-anak didaerah tertinggal.
-          Seorang pengasuh PPPA Darul Qur’an Purworejo ingin memotivasi para anak-anak penghafal Al Qur’an.
-          Ada yang hanya ingin bisa memotivasi anaknya sendiri mejadi pribadi yang hebat.
-          Seorang dokter ada yang ingin bisa memberikan motivasi pada Klien dan Pasiennya.
-          Seorang dosen, ingin menjadi dosen yang asyik yang tak membuat jenuh mahasiswanya.
-          Ada lagi yang karena ingin menjadi guru yang berkarakter motivator yang senantiasa mendorong siswanya untuk berprestasi.
-          Dan masih banyak latar belakang lain yang menggerakkan kaki melangkah ikut pelatihan ini.
-          Yang jelas, semuanya niatan itu adalah SUNGGUH MULIA. Subhanallah…salut untuk teman-teman semua.

Terakhir…

Sebuah kehangatan dan kebersamaan itu tak kan hilang dari hati sanubari. Teman-teman yang hebat dan menginspirasi. Trainer yang asyiik dan menyenangkan. Menjadi sebuah memory yang akan terpendam. Semoga jalinan silaturrahim ini tak berhenti dan terus berlanjut. Menjadi orang yang mampu memotivasi diri sendiri, para anak didik kita,  keluarga kita, dan orang-orang di sekitar kita. Akhirnya,..semoga apa yang didapatkan bermanfaat dan smg masih ada kesempatan untuk kita berjumpa lagi. (^_#) 

Gedung Panti Wiloso Muda-Mudi
2-3 November 2013



Tidak ada komentar: