Rabu, 22 Januari 2014

Berbagi Cerita dan Motivasi di SMP N 4 Depok


      Kali ini, saya diberi kesempatan untuk mengisi acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMP N 4 Depok. Acara berlangsung pada hari Sabtu, 18 Januari 2014. Sungguh, tak mengira ternyata jumlah pesertanya luar biasa. Gedung sekolahpun sesak terpenuhi oleh para siswa.
          Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tepat kiranya ketika saya banyak bercerita tentang sosok nabi yang memang menjadi teladan bagi umat manusia. Beliau adalah sosok yang sabar dan pemaaf. Beliau tak pernah membalas ketika di cemooh oleh musuhnya, malah sebaliknya nabi mendoakannya. Sungguh mulia sifat nabi.
          Beliau juga sosok yang murah senyum terhahap orang lain. Tak pernah terlihat muka yang masam ketika beliau dihadapan orang lain. Telah jelas dalam hadist “Tabassumuka fi wajhi akhika laka shodaqoh” artinya tersenyum dihapan sauadaramu adalah shodaqoh. Sedemikian penting ternyata, sebuah senyuman dianggap sebagaimana amalan shodaqoh.
Makanya kawan-kawan, jangan pelit senyum dech,…
Mungkin murah senyum adalah hal termudah yang bisa kita tiru dari sosok nabi Muhammad SAW.
          Nabi SAW juga merupakan sosok pemimpin yang menjadi teladan bagi siapa saja. Beda dengan pemimpin sekarang, yang dalam  kinerjanya penuh dengan kebohongan dan ketidakadilan. Nampaknya, pemimpin bangsa ini perlu mencontoh pola kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Karena beliau adalah sosok pemimpin yang adil, jujur, amanah, dan tanggungjawab.
          Kalau kita bicara sosok nabi, maka tidak aka nada habisnya untuk diceritakan. Banyak sekali hal yang perlu kita contoh dari sosok beliau. Mari kita bersama-sama berusaha dan saling mengingatkan untuk senantiasa melaksanakan apa yang yang diajarkannya kepada kita semua. Akhirnya, semoga kita termasuk  hambanya yang kelak mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat. Amin.

                                                          Depok, 22 Januari 2014





Tidak ada komentar: