Rabu, 22 Januari 2014

Training Jurnalistik Komunitas TDA Kampus Jogja


Kali ini, saya diberi kesempatan untuk mengisi acara Training Jurnalistik untuk teman-teman TDA Kampus Jogja. Acara berlangsung pada hari Sabtu, 21 Desember 2013 di kantor secretariat TDA Kamus Jogja. Sungguh, hal yang luar biasa bisa berjumpa dengan  kawan-kawan dari kampus yang berbeda dan tentunya juga mempunyai latar belakang yang berbeda pula.
Sebeleum masuk ke sesi materi, saya mencoba untuk memberikan motivasi terlebih dahulu, harapannya agar mempunyai keinginan kuat untuk menulis. Proses menulis itu pun tak akan terjadi ketika kita tak ada keinginan untuk menulis.
Pada sesi materi, saya mencoba untuk memaparkan bagaimana cara menulis artikel di media massa, berikut cara mengirimkannya. Selain itu, hal yang penting disampaikan adalah bagaimana karakteristik media massa.



Sebenarnya, menulis di media adalah hal yang sepele namun terkadang menulis sudah terlanjur menjadi momok bagi seseorang. Dan inilah yang sebenarnya harus dirubah. Menulis itu mudah, ketika kita mau belajar. Sama halnya belajar sepeda. Ketika kita kecil, kita sering menganggap bahwa untuk bisa naik sepeda itu sulit. Namun, kesulitan itu juga akan hilang ketika kita mau belajar dengan sungguh-sungguh.
Untuk itu, mari kita terus belajar menulis. Kunci untuk bisa menembus media kuncinya sebenarnya hanya 3, yaitu:
1.  Coba dulu
Kita terkadang bingung  bagaimana bisa menembus media, ragu dan pesimis kira-kira tulisannya bakal dimuat tidak. Namun, kita tak perlu khawatir, yang terpenting adalah coba dulu. Seperti pepatah mengatakan, lebih baik Mencoba tapi gagal, daripada Gagal mencoba.
2.  Coba lagi
Lalu, bila tulisan kita gagal dimuat. Bagaimana? Haruskah kita frustasi, putus asa, lantas bunuh diri. Tidakk,,jawabannya adalah coba lagi. Cobalah menulis kembali, dan kirimkan kembali.
3.  Coba terus
Ternyata, jika sudah mencoba masih gagal lagi. Apa yang harus dilakukan? Yaitu, coba terusssss…Pokoknya coba terus.
Belajarlah dari kegagalan, terus lakukan evaluasi tentang tulisan kita. Terus belajar memperbaiki tulisan kita, dan coba untuk terus mengirimnya. Pasti suatu saat tulisan kita bakalan dimuat. Dan kita akan merasakan sebuah kepuasan yang tak ternilai harganya.

Selamat mencoba… Bravo,…!!!


                                                         Depok, 22 Januari 2014

Tidak ada komentar: