Senin, 25 Maret 2013

Belajar dari Stiletto



Alhamdulillah,...
Sebuah kata untuk mengawali tulisan ini. Karena apa? Aku dapat ilmu lagi...hehe
Kali ini aku dapat ilmu dari Mbak Herlina P. Dewi. Beliau ini adalah editor penerbit Stiletto yang ternyata beliau juga yang punya penerbit itu. Dalam acara yang bertajuk “Kepenulisan Kreatif” di panggung Pesta Buku Jogja 2013 tepatnya Senin, 18 Maret 2013 aku mendapatkan ilmu baru sebagai bekal menjadi seorang penulis.
Sebagai pengantar, beliau menyampaikan bahwa Penerbit Stiletto adalah penerbit yang khusus menggarap buku-buku yang bertemakan perempuan. Waah...kesempatan nie, buat para kaum perempuan, bisa banget nerbitin buku disini. Ayooo... tunjukkan suara perempuan. Hehe..
Apalagi ini, banyak sekali hak-hak kaum perempuan yang perlu diperjuangkan. Ayoo,,tulis...!!!
Ngobrol-ngpbrol lebih lanjut ternyata, peserta menginginkan pembahasan difokuskan aja ke bagaimana cara buat bisa menembus penerbit, alias bagaimana buku kita tidak ditolak penerbit.
Langsung aja nich...
Mbak Dewi menyampaikan sedikitnya ada 8 tips menembus Penerbit, diantaranya:
  1. Kenali karakteristik penerbit yang akan kita kirimi naskah.
  2. Ikuti ketentuan yang ada di penerbit.
  3. Menjual diri. Ups....jangan negatif dulu.
Maksudnya menjual diri itu. Nasib naskah kita, diterima atau ditolak tergantung kita sendiri. Kita harus berani menampilkan diri kita semaksimal mungkin. Contoh nie,..lampirkan biodata penulis dengan lengkap, ditambah foto close up.
  1. Pikatlah editor dengan 10 halaman pertama buku Anda. Maksudnya adalah halaman awal harus benar-banar menarik, dan menggugah dan membuat pembaca serasa ingin terus membacanya.
  2. Naskah yang dikirim adalah berupa naskah matang, jangan sampai masih banyak kesalahan teknik penulisan atau ada kata-kata yang sulit dipahami.
  3. Pastikan naskahnya sampai ke penerbit. Hehe...
Yang ini, urgen banget nie....kalau g sampai gimana mau bisa diterima naskahnya. Ya nggak?
  1. Terus jalin komunikasi dengan baik dengan pihak penerbit.
  2. Yang terakhir, pastinya BERDOA.
Itu ada beberapa tips yang kita bisa praktikkan. Mungkin kalo ada tambahan bisa ditambahi sendiri ya....
Semoga aja bisa bermanfaat, selamat mencoba.
Yuuk,,,kita berlomba-lomba untuk menulis. Tentunya menulis untuk mengajak kebaikan kepada orang lain dan juga untuk menginspirasi orang lain. Salam menulis kreatif....!!!
Yogya, 22 Maret 2013

Tidak ada komentar: