Sabtu, 24 Agustus 2013

REFLEKSI SEBELUM WISUDA

         
Tak terasa memang, waktu telah berjalan begitu cepat. Teringat, dulu ketika masa-masa aku masuk kampus putih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mungkin, waktu itu tampak aku yang kecil-mungil, culun, tak tahu apa-apa dan sepertinya belum pantas menyandang status sebagai mahasiswa Strata 1.
***
Teringatkan masa lalu....
           Mungkin, berbeda dari teman-teman yang lain yang mempunyai ambisi ingin kuliah di Perguruan Tinggi Tervavorit, atau memimpikan bisa diterima di sebuah jurusan favorit di kampus terkemuka. Tapi, tidak dengan aku. Waktu itu aku hanya dianjurkan guruku untuk masuk UIN Suka Jogja lewat jalur tanpa tes, waktu itu namanya PMDK, aku dah lupa kepanjangannya apa tuw....hehe..
           Aku sih mau aja, apa salahnya mencoba kan?. Dengan berbekal nilai raportku sejak kelas X sampai XII semester 1 juga beberapa lampiran piagam prestasi waktu itu. Seingatku ada 4 piagam yang tak pake:
1.      Juara 1 MTQ Pelajar tingkat Kabupaten tahun 2008
2.      Juara 1 Lomba Ceramah Agama Muhadloroh tingkat MAN Purworejo.
3.      Juara 3 Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMA/ MA sekabupaten Purworejo
4.      Juara 3 Lomba Pidato Bahasa Tingkat MA kabupaten Purworejo.
Berbekal itulah aku didaftarkan guruku di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tentang dimana dan seperti apa kampusnya pun aku belum pernah tahu sebelumnya. Hanya pernah lihat gambarnya dari internet dan brosur.
           Selang beberapa minggu kemudian pun, aku dikabarkan dari pihak sekolah ternyata aku diterima di kampus itu. Syukur Alhamdulillah...
Orang tuaku pun bangga, putranya bisa melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri.
***
           Sudah 8 semester ternyata waktu berjalan, cepet juga ya....??? Malam ini pun adalah malam terakhir aku menulis sebelum aku menyandang gelar S.Pd.I yang terkadang aku merasa belum pantas, karena diriku belum mencerminkan S.Pd.I yang sesungguhnya. Ya.. itulah yang harus aku instrospeksi.
Sudah pantaskah????
           Melihat dari kemampuan dan kedalaman keilmuan aku merasa masih sangat jauh dengan yang diharapkan. Kalau ditanya tentang hukum-hukum agama, mungkin masih kalah jauh dari lulusan-lulusan murni pesantren yang dengan referensi kitabnya mampu menjawab problematika umat. Lalu, bagaimana denganku???
           Dari segi pemahaman akan dunia pendidikan, juga ternyata aku juga masih agak awam. Mungkin,hanya sebatas tahu tahu saja belum pada aspek paham.
Ya..memang beginilah adanya.
Namun, ku sadar... ini adalah sebuah proses. Ku yakin, mungkin hari ini belum paham, tapi suatu saat Allah memahamkan kita tentang ilmu yang dulu belum kita pahami dan kita kuasai. Semoga...!!!!
           Terimakasih pada bapak/ ibu dosenku yang telah membimbing memberikan ilmunya kepadaku, semoga benar benar bisa manfaat. Kepada bapak Kyaiku Bp. Drs. KH. Jalal Suyuthi, SH yang selalu mendoakan santri santrinya. Para dewan asatidz yang telah mengajari akan moralitas, sahabat-sahabatku semua yang telah mewarnai hidupku. Terimakasih banyak, atas semuanya ya...hehe J
           Semoga, setelah di wisuda nanti. Semakin bertambah kualitas diriku, semakin tambah Taqwa ma Allah, semakin rendah hati dan tidak sombong, hehe..
Dan tentunya semogsa semakin bisa bermanfaat untuk orang lain.  Amin.

Depok, 24 Agustus 2013 Pukul. 23:24 WIB


Muhammad Mansur
Mahasiswa FITK UIN JOGJA

2 komentar:

Rizqi Akbarsyah mengatakan...

Amiiin ya robbal 'alamiin..
Selamat wisuda pak. Yang lain wisuda pada telat, dengan alasan ini itu, kamu meskipun sibuknya luar biasa tetap tepat waktu lulusnya.

You'reamazing man! Barokalloh :)

Rizqi Akbarsyah mengatakan...

Amiiin ya robbal 'alamiin..
Selamat wisuda pak. Yang lain wisuda pada telat, dengan alasan ini itu, kamu meskipun sibuknya luar biasa tetap tepat waktu lulusnya.

You'reamazing man! Barokalloh :)