Minggu, 30 Maret 2014

Ceria dan Bahagia di TFT batch 10

Sabtu- Minggu /29-30 Maret 2014, para peserta yang datang dari seluruh Indonesia memadati gedung SPA Yogyakarta untuk shering pengalaman dan menambah ilmu untuk AUD (Anak Usia Dini) bersama 5 master yang sudah tak diragukan lagi kemampuannya.hehe..Dua hari itu, rasanya berjalan begitu cepat. Seakan  dua hari masih kurang untuk mengikuti training itu.   
Ya..sungguh tak menyangka, baru pertama kali ini saya mengikuti training bersama para peserta lain yang kebanyakan adalah guru-guru TK/ RA, walaupun ada beberapa peserta dari kalangan akedemisi, mahasiswa, master hypnosis, dan profesi lain.
Terlihat, mereka dengan penuh semangat mengikuti TFT. Memang, mereka ULAMA (Usia Lanjut Masih Semangat, mencuplik kata Kang Deden)..hehe..peace ya bunda!!!
Dari 5 pemateri, semuanya hebat-hebat. Pemateri pertama, beliau Kak Adi Kitana. Sungguh memukau penampilannya, beliau mengajak kami ngakak juga. Beliu mengajari kami teknik cipta lagu. Ternyata setelah mendengarkan pemaparan beliu, untuk mencipatakan lagu itu tak sesulit yang dibayangkan. Buat para bunda dan peserta, selamat mencoba dech..!!! Kak Adi  menunggu karya kita lho,,,,
Pemateri kedua adalah Kak Wuntat, waahh…mantap nie. Beliau ini masternya dongeng. Sesepuhnya SPA lagi..ckckckc.. tapi ini hebatnya pendongeng, walaupun sudah sepuh masih saja di panggil Kak. Haha..makanya kalau mau awet muda dipanggil Kak, jadi pendongeng aja.
Beliau menyampaikan teknik-teknik bercerita juga diselingi dengan banyak praktek, sehingga para peserta juga tak hanya mendapatkan teori, tapi juga bisa langsung praktek. Ada yang terlihat masih malu-malu, ada juga yang sudah PD, yaa..inilah proses kita belajar. Dengan penampilannya yang memakau, lagi-lagi bisa membuat kita tertawa lepas. Lucuu…inilah yang terkesan dalam benak kami, para peserta. Dengan suara-suara khasnya membuat kami juga terheran –heran, KOK bisaaa yaa…Suatu saat kita juga PASTI BISA….sekali lagi PASTI BISA….!!!
Materi cerita disambung oleh Kak Aris Pahlawan Bertopeng, beliau menyampaikan banyak hal tentang teknik membuka, mempertahankan dan menutup cerita. Hal ini memang penting dipahami oleh para pendongeng. Pendongeng harus bisa mengkondosikan para peserta dulu di awal dengan aneka Ice Breaking dan membukanya dengan kesan awal yang begitu menggoda, dengan demikian para peserta tertarik untuk mendengarkan cerita kita. Hebatnya Kak Aris ini adalah beliu bisa menirukan suara-suara makhluk lain dan suaranya hampir persis. MANTAP dech…tapi nggak tahu nie, kalau menirukan makhluk ghaib bisa nggak ya..!!!hehe..
Hari berikutnya, meteri disambung oleh Kak Ari Gami dengan materi seni melipat kertas (kiri gami). Lagi –lagi saya dan para peserta lain terheran-heran, bisa-bisanya yaa..sehelai kertas bisa jadi macem-macem bentuk ciptaan Allah. Subhanalloh…inilah yang menjadi kami semakin tertarik untuk terus belajar mendalaminya. Terlihat, para bunda dan peserta lain membuat hasil karya dari seni melipat kertas. Hasilnya, dahsyatttt…bisa juga yaaa ternyata. Berbagai produk pun berhasil dibuatnya. Terus berlatih dech bundaaa….
Adanya training ini, ternyata tak sebatas para peserta dari para trainer. Tetapi, para peserta juga bisa belajar dari peserta lain. Lihat saja, pada sesi pembuatan game/ ice breaking untuk AUD, para pesertadari berbagai daerah menunjukkan kebolehannya menampilkan ice breaking. Disinilah, para peserta bisa belajar dari pesert lain untuk nantinya bisa menerapkan di TKnya masing-masing. Mantappp dech...baru tahu juga,,,ternyata guru-guru TK/ RA itu pada kreatif-kretif yaa...!!!hehe.. Salut dech buat para bunda, semoga terus bisa dikembangkan. 
Materi terakhir disambung oleh Kang Deden untuk menyampaikan materi Mindset Guru Hebat. Dengan pembawaannya yang AUTIS (Asyik, Unik dan Tetap Narchis), membawa para peserta ketawa ketiwi.xixixixi..hahahaa.. Didalamnya banyak Ice Breaking yang membuat para peserta geli-geli gimana gituw…salah satunya adalah senam TREK JING, anggota tubuh dari hidung, mulut, pundak dan semuanya anggota tubuh harus bergerak mengikuti kata trek jing trek jing. Hasilnya apaa…????Lucuuuu BGT…haha..bayangkan semua anggota tubuh harus bergerak mengikuti alunan kata TREK JING. Dahsyatt..!!!
Diakhir sesi training, training ditutup dengan menyanyikan lagu kemesraan yang menambah rasa kekeluargaan dan kebersamaan menyatu padu dalam ruangan itu. Seakan tak rela kita hampir berpisah.hiks hiks hiks. Namun, memang pertemuaan itu harus berakhir. Tapi, semoga perpisahan itu bukan akhir dari pertemuan itu. Semoga nanti tetap bisa jumpa lagi di lain kesempatan. Buat para bunda dan kawan-kawan peserta, selamat berlatih menjadi guru asyik dan menyenangkan. Tak ada murid yang bodoh, yang ada adalah murid yang belum menemukan guru yang cerdas. Yuukk..MOVE ON…!!!
Terakhir, kami sampaikan  banyak terimakasih kepada para master yang telah berbagi ilmu kepada kami yang miskin ilmu. Semoga manfaat dan barokah. hehe..salam dahsyat luar biasa ya!!! 


Jogja, 31 Maret 2014

Tidak ada komentar: