Selasa, 08 April 2014

"Cerita Pemilu"

         Rabu, 9 April 2014 merupakan hajat besar bangsa Indonesia. Ya..hari ini merupakan pesta demokrasi Indonesia. Masyarakat Indonesia berbondong-bondong datang ke TPS untuk memilih wakil rakyat.
Demikian pula saya, pada awalnya memang ada keinginan untuk GOLPUT saja. Alasannya ya macam-macam:
1.      Opini yang beredar di masyarakat, semua parpol sudah rusak. Katanya sie begituu…hehe..
2.    Pengalaman yang sudah-sudah, para wakil rakyat yang sudah duduk di kursi pemerintahan pada nggak amanah, mencuri uang rakyat alias KORUPSI. Jika demikian, maka tak akan jauh beda dengan wakil rakyat yang baru. Toh ternyata, sebagian caleg yang nyalon juga orang-orang lama.
3.    Berita yang beredar di media massa dan elektronik ternyata banyak yang mengungkap berita miring tentang angota dewan. Mulai dari anggota dewan yang mangkir rapat, rapat tapi tidur, sampe tindakan asusila dan amoral yang dilakukan anggota dewan.
4.      Saya sendiri juga kurang paham dengan caleg-calegnya, dan awalnya bingung mau milih siapa. Inilah yang membuat malas nyoblos. Toh saya nggak kenal siapa yang saya coblos.

            Beberapa alasan itulah yang dulu mendasari untuk GOLPUT saja. Tapi kalau dipikir pikir lagi, hmm…sepertinya saya tetap harus menggunakan hak suara saya.
            Ya..sebagai warga negara yang baik, saya tetap harus memilih. Yang banyak digembor-gemborkan di mana-mana, 5 menit menentukan 5 tahun. Hari ini menentukan wajah anggota dewan selama 5 tahun mendatang yang akan membangun negeri ini.
            Akhirnya, saya putuskan untuk pulang ke Purworejo dech…ya…untuk mencoblos. Hari itu, saya mau naik motor. eE..denger2 kereta Prameks JOGJA –KUTOARJO hanya 6000 tarifnya. Haha.. Alih-alih pilih yang murah, saya pun pake kereta prameks.
            NGGAK TAHUNYA, terjadi keterlambatan sampe 1,5 jam. Tadinya berangkat jam setengah 6 tapi malah berangkatnya jam 7. Hmm…capek dech..
            Tapi nggak papa, efek keterlambatan kereta saya bisa ketemu sama teman-teman purworejo. Mulai dari teman satu angkatan sekolah, adik-adik2 kelas, keponakan dan teman-teman lain. Hmm…jadi asyik ngobrol dan nggak jenuh deh. Walaupun sampe rumah jam 9. 15 nggak papa2 dech..diniati ibadah untuk silaturrahim dengan orang tua.
****
            Hari ini pun, SAYA BISA MENCOBLOS di TPS deket rumah saya. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya saya memilih para wakil rakyat sesuai dengan hati nurani dan penilaian saya. Semoga saja yang saya pilih adalah yang terbaik .
            Yaa..lumayan lah. Saya juga bisa bercengkerama dengan orang-orang kampong, bisa bertegur sapa dan berbagi senyuman. Semoga saja kampung ini tetap menjadi kampung yang aman, damai dan sejahtera.
Ayoo..ayoo…yang belum nyoblos…segera datang ke TPS…!!!
Gunakan hak suara ANDA !!! Selamat Mencoblos..!!!


Purworejo, 9 April 2014

Tidak ada komentar: