Selasa, 02 September 2014

Benarkah NIKAH MUDA bisa Melejitkan KARIR?

Sebagian orang beranggapan bahwa menikah muda akan dapat menghambat karir kita. Apalagi bagi yang masih study, maka akan mengganggu studi kita.  Benarkah seperti itu? Aku pun sebenarnya dulunya percaya tentang hal itu, karena pengalaman yang kulihat memang seperti itu. Namun, ternyata ada argument dan pengalaman lain yang mematahkan rasa kepercayaan itu. Setelah aku banyak tanya pada orang yang sudah pengalaman nikah, ternyata mengejutkan. Ternyata, apa yang menjadi kepercayaanku dulu bukanlah hal yang benar menurut orang yang pernah aku temui. Yahh..memang hal ini juga bisa dikatakan hal yang subyektif, tentunya tak sama antara yang satu dengan yang lain.
            Banyak diantara yang beranggapan, bahwa nikah itu ternyata bisa mendukung dan melejitkan karir kita.  Sejauh ini, ada banyak orang yang aku temui yang menguatkan hal itu.  Namun, dalam hal ini aku akan menuliskannya 3 orang saja yang mewakili dari sekian banyak orang, karena terbatasnya waktu dan tenagaku untuk menuliskannya. Diantaranya 3 orang itu adalah Kang Deden, Pak Sukiman, dan Mas Bamban.
Kang Deden
            Beliau menikah di usia muda, kala itu beliau masih semester 7. Waktu itu beliau menikah dengan gadis Purworejo yang saat itu masih menduduki semester 3. Subhanalloh…mereka bermodalkan keyakinan yang kuat, nikah bukanlah hal yang penting untuk dirayakan dengan meriah, katanya.” Tapi, dana yang buat pesta lebih baik buat untuk keperluan rumah tangga atau mendirikan bisnis. Aku pun sering menjadi bahan ledekan kang Deden lantaran belum nikah..Haha...Awass…akan ku buktikan dehh….!!!! Ckckck.
            Luar biasa, dengan proses panjang kehidupan dan berbagai profesi yang dilaluinya, saat ini Kang Deden menjadi seorang trainer dan motivator hebat, sehingga bisa berbagi ilmu di seantero Indonesia. Istrinya pun tak kalah, beliau menjadi kepala TKIT Salsalbila Purworejo. Sungguh, bahagia sekali..proses perjuangan bersama yang membuahkan hasil yang manis. Apalagi, lengkap kehidupan mereka diberikan dua orang putra. Salut dan selamat buat pasangan yang satu ini.
Pak Sukiman
            Beliau ini adalah dosen saya sewaktu kuliah S1 dan S2. Dosen yang ternyata alumni Wahid Hasyim ini ternyata juga menikah di usia muda. Ketika sebelum menikah, profesi strategispun belum beliau dapatkan. Tapi, sungguh luar biasa setelah beliau menikah, kesuksesan demi kesuksesan mereka raih. Beliau diangkat PNS tak lama setelah beliau menikah. Saat ini pun beliau tak hanya menjadi dosen tapi juga menempati posisi strtegis sebagai Pembantu Dekan 1 Fakulta Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ketika perkuliahan di Pascasarjana, beliau juga mendorong mahasiswanya agar cepet nikah. Xixixi. Nikah itu, nggak usah nunggu selesai kuliah S2 mas,,”kurang lebih seperti itu ngendikane pak Sukiman. Beliau menceritakan pengalaman pernikahannya dulu yang inspiratif. Beliau semakin  memantapkan saya, bahwa nikah di usia muda itu ternyata malah bisa melejitkan dan menunjung kesuksesan kita.
Mas Bamban
            Aku kenal mas Bamban ketika rapat madrasah di Puskesmas Depok II. Saat itu beliau duduk di samping kiriku, lalu kita pun ngobrol dan shering-shering banyak hal. Beliau mengatakan sebuah penyesalan, “Saya menikah umur 27 mas, tapi kalau tahu begini kalau nikah malah bisa melejitkan karir saya, saya sudah nikah dari dulu mas.” Begitulah kira-kira pernyataannya. Setelah menikah ini, rezekipun diberikan jalan keluar dari Allah SWT. Saat ini beliau berprofesi sebagai guru di SD Budi Mulia Dua serta sebagai Owner toko penjualan Komputer/ multimedia. Salut juga dengan mas Bamban. Terimakasih shering-sheringnya.
========================================
            Entah, kita boleh percaya boleh tidak karena hal ini tergantung cara kita memandangnya. Kalau kita yakin dengan kekuasaan Allah, maka kita tak akan takut untuk menikah. Rezeki sudah Allah yang mengatur, yang terpenting kita tak tinggal diam dan mau berusaha. Insya Allah dengan sebuah keyakinan, menikah akan memberikan motivasi kita untuk melejitkan karir kita dan Insya Allah segala kebutuhan kita dicukupi oleh Tuhan semesta alam, Allah Rabbul ‘Izzati.
            Tentunya, apa yang saya tulis ini ada pro dan kontra diantara kita. Anda boleh setuju dan boleh tidak, masing-masing diantara kita bebas menentukan prinsip hidup kita masing-masing. Yang jelas, mari kita siapkan semuanya sebelum pernikahan itu terjadi, baik dari segi mental dan finansial. Segi mental, kita harus siap menjadi seorang ayah yang bertanggung jawab terhadap keluarga. Seorang wanita pun juga harus siap menjadi seorang ibu, bukan hanya siap menjadi seorang istri. Ya..karena, kelak ia dihadapkan pada tanggung jawab untuk mendidik putra-putrinya dan menjadi teladan bagi putra putrinya kelak. Antara kedua pasangan harus sama sama mempunya mental yang siap membangun rumah tangga secara bersama-sama.
            Dari segi finansial, seorang calon suami juga harus mempunyai kesiapan finansial. Yang dimaksud disini adalah tidak harus sudah mapan, yang penting ada hal yang bisa dilakukan untuk memenuhi kehidupan rumah tangganya kelak. Kalau memang belum sampai seperti itu, minimal ada pandangan ke depan, bahwa ketika nikah nanti ia menekuni usaha / pekerjaan apa untuk bisa menunjang kebutuhan rumah tangganya. Ya…lagi-lagi,ini juga subyektif. Keyakinan dan prinsip kita mesti berbeda satu sama lain. Yang jelas, semoga bagi yang belum nikah, segera dipertemukan jodohnya dan membangun mahligai rumah tangga yang akan membawa ke dua pasangan ke surga. Bagi yang udah nikah, saya doakan semoga menjadi keluarga bahagia dunia dan akhirat. Salam Sukses…!!!
           
           

Coretan 25 Agustus 2014

Beberapa galeri kondangan (foto pernikahan teman2)
             
              Nikahah Mbak Ulfa
                                                                       
                                                                   Nikahan Mas Zubed

Nikahan mbak Nikmah

Nikahan Erna
Nikahan Tri dan Indri
                                                               
                                                                                   Nikahan B Ela dan Mas Jamal


 


Tidak ada komentar: