Sabtu, 14 Juli 2018

7 TIPS DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH BARU


Yogyakarta (15/07/18)  Ayah Bunda dimanapun berada , sebentar lagi tahun ajaran baru akan segera tiba. Tak terasa ya...liburannya anak-anak sudah mau habis. Bagaimana perasaannya Ayah/Bunda? Tentu bisa senang bisa sedih. Sebagian Ayah/ Bunda senang karena putra putrinya akan kembali belajar di sekolah baik sekolah baru atau sekolah lama, karena biasanya libur terlalu lama juga membuat bosan. Belum lagi ketika orang tua tidak bisa memberikan opsi kegiatan positif bagi buah hatinya. Sebagian orang tua yang lain mungkin sedih karena waktu berjumpa dan liburan bersama buah hati telah usai.
Ayah Bunda, di hari pertama masuk sekolah apa sih yang harus dipersiapkan supaya buah hati bisa enjoy, nyaman dan betah di sekolah. Mungkin ada perbedaan perlakukan yang harus dilakukan bagi anak yang memang baru masuk ke jenjang TK/ SD atau siswa lama yang memang sudah masuk di TK/ SD. Yang jelas, persiapan harus lebih banyak dilakukan untuk membuat buah hati nyaman , senang dan betah di sekolah yang baru. Bukankah begitu Ayah Bunda? karena memang anak berapa di lingkungan baru dengan tempat baru, kondisi yang baru, guru yang baru dan tentu teman yang baru.
Diantara persiapan yang perlu dipersiapkan diantaranya:
1.      Persiapan mental
Mental anak-anak perlu dipersiapkan sejak awal supaya anak-anak punya mental percaya diri di sekolah barunya. Orang tua bisa bercerita tentang asyiknya bersekolah, ketemu guru baru, teman baru dan lingkungan yang menyenangkan. Ceritakanlah hal-hal yang menyenangkan tentang sekolah sehingga anak akan termotivasi berangkat sekolah dengan bahagia. Maka sebagai orang tua, wajib hukumnya mensuport dan memberikan motivasi kepada putra putrinya. Mental percaya diri anak akan terbangun seiring berjalannya waktu dengan bimbingan orang tua dan guru, maka jangan berhenti untuk terus mensuport putra putrinya.
Biasanya diawal masuk sekolah banyak anak yang minder karena seragamnya belum jadi dan sebagainya maka tugas orang tualah memberikan pemahaman dengan bahasa yang terima anak sehingga anak tak lagi minder.

2.      Libatkan anak mempersiapkan seragam dan peralatan sekolah
Selain persiapan mental, yang perlu dipersiapkan adalah seragam yang akan dipakai hari pertama dan juga peralatan sekolah yang akan dibawa di hari pertama masuk sekolah. Nah, Ayah Bunda, sebaiknya libatkan anak dalam mempersiapkan seragam dan peralatan sekolah. Tujuannya apa? supaya anak mempunyai semangat dan rasa andil untuk mempersiapkan sekolah di hari pertama. Jika memang seragam sekolah baru belum ada, maka persiapkan seragam sementara sesuai dengan ketentuan sekolah barunya, biasanya menggunakan baju bebas/ sopan atau untuk jenjang SD biasanya boleh menggunakan seragam Tknya.
Jangan lupa,  peralatan-peralatan sekolah juga harus disiapkan supaya anak percaya diri untuk masuk di hari pertama, syukur-syukur jika fasilitas perlengkapan sekolah sudah disipkan dari sekolah. 
3.      Membangun komitmen bersama untuk bangun pagi
Nah, Ayah/Bunda biasanya di hari pertama masuk sekolah terkesan tergesa-gesa karena anak susah di bangunkan makanya orang tua perlu mengadakan kesepakatan dengan anak besok pagi mau bangun jam berapa. Bisa jadi dengan menyepakati untuk memasang alarm sehingga anak bangun paginya bukan karena terpaksa, tapi karena kesepatan bersama dan atau keinginan diri sendiri. Usahakan anak jangan tidur terlalu malam dan bimbing selalu berdoa sebelum tidur. Kebiasaan doa sebelum tidur tidak akan menjadi hal yang rutin dilakukan anak jika tidak dibiasakan oleh orang tua sejak dini.
4.      Utamakan sarapan pagi
Sarapan pagi adalah hal yang tak boleh dilupakan karena ini menjadi asupan energi bagi anak dalam mengikuti kegiatan di sekolah. Orang tua hebat pasti bangun lebih pagi untuk mempersiapkan sarapan pagi bagi putra putrinya. Bagi Ayah/Bunda yang muslim lebih baik sebelum masak juga awali dengan doa, minimal membaca basmallah. Kenapa ini penting? Ya..karena masakan itu masuk ke dalam perut buah hati Ayah/Bunda, jika Bunda memasaknya dengan ikhlas, hati bahagia dan diawali dengan doa bisa dipastikan itu bisa menjadi nutrisi terbaik bagi badan dan otak buah hati Ayah/Bunda. Coba deh buktikan... !!!
Maka, sekali lagi ajak buah hati untuk selalu sarapan pagi ya...!!!
Jika perlu membawa bekal minum dan snack orang tua bisa menyiapkan secukupnya.
5.      Berangkat lebih awal dan antarkan ke sekolah
Hari pertama masuk sekolah adalah pengalaman yang tentu sangat berkesan buat buah hati, maka berikan pengalaman terbaik yang positif kepada putra putri Ayah Bunda. Maka, sebaiknya Ayah/Bunda mengantarkannya lebih awal ke sekolah. Tujuannya apa? Supaya orang tua tidak mengantarkan dengan tergesa-gesa, sehingga anak lebih siap dan percaya diri masuk ke sekolah barunya. 
6.      Sapa guru dan teman barunya
Ini adalah hal penting yang kadang terabaikan oleh orang tuanya di hari pertama masuk sekolah buah hatinya. Biasanya ada juga orang tua yang hanya mengantar sampai gerbang lalu langsung pulang. Kalau memang anaknya sudah percaya diri sih tidak ada masalah, tapi sebaiknya orang tua tetap bertemu dan menyapa guru di sekolah untuk memasrahkan putra putrinya di sekolah baru. Selain itu, ajak  putra putri Ayah/Bunda untuk berjabat tangan dan berkenalan dengan beberapa temannya. Hal ini penting untuk memecah kebekuan dan atau supaya suasana diantara mereka menjadi cair karena memang baru pertama ketemu. Disinilah mental anak akan terlihat mudah atau tidaknya beradaptasi dengan teman-temannya. Jika belum mau, maka coba pelan-pelan di bimbing insya Allah pelan-pelan akan terbiasa. 
7.      Ikhlas dan berdoa
Jika buah hati kita menuntut ilmu, maka ikhlaskan mereka menuntut ilmu di sekolah barunya, jangan ada perasaan perasaan negatif tentang putra putri kita. Misalnya: wah, jangan-jangan nanti nangis ya... wah gimana ya, anakku bisa adaptasi nggak ya, wah.. jangan-jangan nggak betah, wahh, jangan-jangan minta pulang dan sebagainya, Maka yakinkan dan ikhlaskan diri bahwa buat hati kita belajar di sekolah yang baru dengan senang dan nyaman seraya berdoa kepada Allah SWT supaya  Allah menguatkan putra/ putri Ayah/Bunda di sekolah barunya dan tentunya nyaman dan senang mengikuti kegiatan di sekolah barunya.

Demikian beberapa-beberapa tips yang bisa dilakukan di hari pertama masuk sekolah. Tentunya sekolah juga harus menyiapkan kegiatan kegiatan yang menyenangkan di hari pertama masuk sekolah. Sekolah bisa mengisi kegiatan hari pertama dengan game-game ringan pemecah kebekuan sehingga suasananya menjadi cair karena saat itu anak masih dalam rangka adaptasi dengan lingkungan dan teman baru.  Mudah-mudahan Allah membimbing kita semua dan mudah-mudahhan Allah menjadikan Ayah/Bunda menjadi orangtua terbaik yang mampu mensuport,  membimbing  dan memberikan keteladanan terbaik bagi putra putri Ayah Bunda. Salam Edukasi !



Putra putra Ayah/Bunda kecanduan game gadget?
Coba alihkan ke Permainan Edukasi 
Baca: Serunya Mainan Edukasi

Tidak ada komentar: