Jumat, 19 April 2013

MADRASAH WAHID HASYIM “Mendidik Santri, Optimalkan Potensi”

Oleh: Muhammad Mansur
Sebut saja Madrasah Wahid Hasyim, adalah sebuah lembaga pendidikan formal di bawah naungan Pondok Pesantren Wahid Hasyim. Didalamnya terdapat 3 lembaga pendidikan formal dari Tingkat SD/ MI, SMP/ MTs, dan SMA/ MA. Ketiga lembaga tersebut kini sudah menjadi lembaga pendidikan ternama di Yogyakarta. Hal itu dibuktikan dengan akreditasi Madrasah Wahid Hasyim yang mulai tahun 2011 kemarin, sudah mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Propinsi DIY. Dengan keteguhan pengasuh dan pengelola Madrasah, kini madrasah Wahid Hasyim telah menunjukkan eksistensinya baik dari tingkat provinsi sampai dengan tingkat nasional. Dibuktikan dengan jumlah siswa madrasah yang kian tahun kian bertambah pesat, baik dari lokal DIY maupun dari berbagai penjuru tanah air.
Yang menjadi pertanyaan kita disini, lalu kenapa Madrasah Wahid Hasyimlah yang menjadi pilihan untuk tempat orang tua menyekolahkan anak-anaknya? Tentunya ada berbagai aspek yang mendukung sehingga Madrasah Wahid  Hasyim menjadi tempat pilihan orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya. Hal penting yang perlu diketahui adalah bahwa siswa yang sering kita sebut sebagai santri ini, tidak hanya mendapatkan ilmu pada aspek kognitif saja, tetapi juga aspek yang lain, yaitu aspek psikomotorik, dan aspek afektif. Kenapa hal itu bisa terjadi? Kalau kita amati, itulah kelebihan pendidikan pesantren. Yang mana, siswa tidak hanya belajar ilmu yang sifatnya logika tetapi santri juga akan mengalami pengalaman kehidupan yang sangat bermakna, yang mampu membentuk kepribadian seseorang. Bagaimana tidak, kehidupan di pesantren penuh dengan aspek pengamalan, kebersamaan, kegotong royongan, kesabaran, kemandirian, dan hal-hal lain yang itu semua akan membentuk karakter dari seseorang.
Itulah salah satu aspek yang membuat pendidikan pesantren kian diminati masyarakat. Yang tidak kalah penting adalah bahwa Madrasah Wahid Hasyim berusaha untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada pada diri peserta didik. Hal itu perlu dilakukan, karena sungguh sia-sia jika bakat dan potensi siswa tidak direalisasikan/ disalurkan dengan baik. Padahal di dalam diri siswa pasti mempunyai bakat dan potensi masing-masing yang harus dikembangkan. Hal itu dapat dibuktikan dari adanya ekstra kurikuler dari jenjang MI,  MTs, dan MA yang cukup komprehensive dan bervariatif. Contohnya adalah, kegiatan Marching Band, Silat, Pidato, Olahraga, Seni Pesantren (kaligrafi, hadroh, dan tilawah dan sastra islami) dan ekstra lain yang mendukung bakat dan potensi siswa. Prestasi siswa Madrasah Wahid Hasyim bisa dilihat dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan, baik di bidang akademik maupun non akademik. Pendidikan yang berkualitas, disamping harus bisa mengembangkan aspek intelektual, tetapi juga harus bisa mengembangkan bakat dan potensi peserta didik. Disinilah peran Madrasah Wahid Hasyim, yang mana selalu berusaha untuk bisa mendidik siswa menjadi insan paripurna dan mengembangkan apa yang menjadi bakat dan potensi siswa.
Itulah gambaran umum Madrasah Wahid Hasyim, pendidikan islam modern yang mampu mendidik siswa menjadi insan kamil. Dengan optimisme, keteguhan, tekad dan semangat pengabdian pasti itu semua akan terwujud. Akhirnya, pastikan putra putri anda berada dalam lingkungan pendidikan terbaik. Wahid Hasyim....Yes...I Can...!!!!
                                                                                            *) Penulis Lepas
Kunjungi: http://ppwahidhasyim.com/


  

1 komentar:

Muhammad Mansur mengatakan...

Semoga Bermanfaat :)