Minggu, 26 Mei 2013

Tanamkan Anak Hobi Menulis Sejak Dini

Siswa MI Wahid Hasyim Mengikuti Lomba Menulis
Hari Ahad, 26 November 2013 aku mengajak anak-anak MI Wahid Hasyim untuk mengikuti lomba menulis surat dalam rangkaian Bentang Street Festival yang diadakan oleh Penerbit Bentang Pustaka. Mereka yang ikut lomba adalah Farah, Halimah, Okta, Anisa, dan si kecil Tasya. Mereka sungguh antusia, mereka adalah sebagian anak yang mempunyai bakat menulis, aku bisa lihat dari tulisan dalam tugas mengarang yang tak berikan waktu liburan UN kemaren.
Dengan penuh semangat mereka berangkat dengan diantarkan oleh pembina setia, si cantik Bu Hanik dan si imut Bu Imaul. Tentunya juga bersama denganku.
          Tujuan aku mengajak anak-anak dalam lomba menulis surat adalah untuk mengenalkan anak pada dunia kepenulisan. Terkadang anak punya bakat menulis, tapi tak ada sarana untuk menumpahkannya. Perkara mereka menang atau nggak itu perkara lain.
          Selain itu untuk menanamkan pada anak hobi menulis, melatih ketrampilan menulis dan terus termotivasi untuk menulis ketika ia melihat kawannya yang pinter menulis.
Siswa MI Wahid Hasyim berpose Bersama denga  Penulis Cilik Alma dan Laksita
          Iya...memang, ketika tak perhatikan mereka juga sangat antusia menyimak acara Talkshow dengan penulis cilik Alma dan Laksita. Mereka adalah penulis cilik yang sudah menerbitkan lebih dari 3 judul buku. Hebat kan? Kita aja belum bisa kayak mereka.hehe.
          Sungguh hal yang luar biasa, di sana aku bisa ketemu penulis cilik Alma lagi, dan juga editor buku anak-anak, mbak Susan setelah sebelumnya bertemu di acara Jogja Islamic Book Fair di gedung Mandala Bakti Wanita Tama. Pokoknya luar biasa, dan salut buat mereka yang telah menekuni dunia kepenulisan.
          Memang dengan menulis, kita bisa menginspirasi orang lain, karya kita banyak di baca orang seluruh Indonesia, materi pun akan ngikut dengan sendirinya. Iya nggak? Pasti iya lah....

          Iya...semoga dengan aku mengajak anak-anak ikut lomba menulis surat, anak-anak semakin termotivasi untuk menulis dan berkarya. Dan nantinya bisa menerbitkan sebuah buku. Aku ingin mereka tak terlambat sepertiku, yang menyukai dunia menulis sejak kuliah semester 5. Tapi tak masalah, aku akan tetep berusaha untuk bisa menjadi penulis best seller dan semoga anak-anak juga bisa menjadi penulis cilik yang handal yang karyanya bisa menginspirasi orang lain.


Mengakhiri lomba dengan Makan Bakso Bersama
Jogja, 26 Mei 2013


          

Tidak ada komentar: