Kamis, 23 Mei 2013

Yang Mana Ya?

Oleh: Muhammad Mansur 

          Berkenaan dengan hobi, aku mempunyai banyak hobi. Kira-kira mana yang harus aku seriusin ya…aku minta masukan dan arahan teman-teman. Barangkali dengan masukan dan arahan teman-teman  bisa membantuku dalam program pengembangan diri yang harus benar-benar tak kembangkan dan tak dalami bener-bener.

           Karena kata orang, sesuatu itu harus fokus. Karena dengan fokus satu bidang akan mengantarkan kita pada kesuksesan. Katanya sie....!!!!
           Tapi bukan maksudku menafikan hobi-hobiku yang tak dominan. Maksudnya adalah agar aku tahu hobiku yang mana yang harus aku kembangkan sebagai prioritas utama. Maka dari itu..kalau teman-teman berkenan mohon untuk baca tulisanku ini, dan mohon berikan masukan, arahan atau gagasan apapun itu...!!!
 Terimakasih sebelumnya ya….
Disini aku akan berikan gambaran hobi-hobiku, diantaranya adalah:

1.   Tilawatil Qur’an

Aku tahu seni baca al qur’an (Tilawatil Qur’an) sejak aku duduk di bangku SMP.  Khalayak umum sering menyebutkan seni baca Al Qur’an dengan qiroah.  Waktu itu guru tilawahku yang pertama adalah Bapak Maktum Jauhari, pertama kali aku di ajari QS. Al Baqoroh ayat 21. Aku hanya bisa satu maqro’ saat itu. Eee..malah suruh baca qur’an dimana-mana, jadi kalau di suruh baca qur’an ya,…itu itu saja yang tak baca. Haha…

Waktu itu..aku sering diikutkan lomba…tapi nasibnya belum dapat juara..hehe,,maklum..masih pemula.

Meningkat di jenjang SMA, aku sekolah di MAN Purworejo dan lebih mendalami lagi ilmu seni baca Al Qur’an dengan Bapak Faizin Sofyan. Beliau adalah bapak dari sekretaris OSISku dulu waktu di MAN. Alhamdulillah,..waktu itu, aku bisa menyabet juara 1 MTQ Pelajar tingkat kabupaten Purworejo dan mewakili kabupaten untuk maju di tingkat provinsi.

Ya…walaupun sekarang udah nggak pernah ikut lomba, aku masih seneng belajar tilawah. Karena dengan tilawah, hidup jadi indah. Hehe..

Ya...walaupun sekarang udah nggak berprestasi, setidaknya aku bisa melatih adik-adik untuk berprestasi, walaupun belum sampai juara 1.
Diantara yang pernah tak latih dan mendapatkan juara adalah:

·  Taufik Qolbi siswa MTs Wahid Hasyim mendapatkan juara III Lomba Tartil MTQ Pelajar tingkat kabupaten Sleman tahun 2011.

·   Fasha Ghimdana  siswa MI Wahid Hasyim meraih juara III MTQ AKSIOMA 2013 tingkat kabupaten Sleman.


Pengalaman yang mengesankan dalam bidang ini, aku pertama kali menjadi juri MTQ AKSIOMA tingkat kabupaten Sleman tahun 2013.

Semoga untuk ke depan aku bisa mengembangkan hobiku yang satu ini, sehingga bisa berprestasi dan bisa melatih orang lain untuk berprestasi. Amin.


 2.   Menyanyi

Hobiku yang satu ini, masih berkaitan dengan seni suara. Aku seneng nyanyi, tapi hanya sebatas konsumsi sendiri. Jadi mau bagus atau jelek dinikmati sendiri. Kalau di pesantren kadang-kadang sie ikutan jadi vokalis di sebuah lembaga seni, namanya eL-SiP Wasilatus Sa’adah. Ya…tentunya lagunya lagu-lagu islami. Kalau kita sering menyebut sholawatan.
Pengalaman manggung sie pernah, dulu waktu MAN aku jadi Vokalis ASOMA BAND. Sebuah Band Islami di MAN dulu. Hehe..

Kalau di Madrasah, juga sering ngajarin anak-anak nyanyi. Walaupun juga nggak bagus-bagus amat sie.. di TPA juga, sering buat zel-zel, atau ngajari nyanyi lagu islami buat anak-anak. Ya…itung-itung nambah pahala lah,,,melampiaskan hobi sama menanamkan kebaikan buat anak-anak. Wkwkwk.

3.   Olahraga

Hobi yang satu ini aku seneng sie…terlebih maen bola, futsal, sama voli. Tapi nggak maksimal juga, bisanya setengah-setengah. Ya…yang penting bisa menyalurkan hobi dan ngisi kegiatan aja dech…dan tentunya buat REFRESHING. Ya nggak?

Kalau aku diajak sama temen2 buat maen bola, maen futsal, atau voli, kalau pas selo pasti aku berangkat.
Seminggu sekali aku juga maen bola sama adik-adik di MI Wahid Hasyim. Kalau udah maen bola sama anak-anak, seakan masalah jadi ilang sendiri. Melihat wajah anak-anak yang lucu-lucu dan penuh semangat membuatku bahagia menikmati hidup ini.
Ceriamu, ceriaku…haha :)



4.   Menulis

Hobiku yang satu ini belum lama lho…!!! Hobiku ini muncul sejak aku kuliah di semestet 5 . Dari dulu sebenernya aku nggak begitu suka dengan pelajaran bahasa Indonesia. Karena pelajaran itu sangat erat hubungannya dengan yang namanya menulis. Dulu sempet nulis-nulis di waktu SD karena ada tugas mengarang dan karena ujian semester pasti ada soal mengarang. Mau nggak mau aku juga harus menulis dech..
Hobiku menulis berawal dari dimuatnya tulisanku di Koran. Alhamdulillah…waktu itu senengnya bukan maen dech…sampai hari itu aku senyum senyum sendiri karena saking nggak percayanya aku  kalau tulisannya dimuat.


Semenjak itu aku tambah termotivasi menulis, khususnya menulis artikel. Alhamdulillah saat ini sudah ada kurang lebih 15 tulisanku yang udah dimuat di majalah atau surat kabar.

Dari menulis artikel, aku jadi pingin nyoba-nyoba nulis yang lain. Mulai dari puisi, cerpen dan kedepan pingin nulis novel.

Satu lagi yang belum tercapai adalah menulis karya ilmiah di Jurnal. Pokoknya aku punya komitmen kuat, ke depan pasti tulisanku ada yang dimuat di jurnal. Amin..amin..amin.
Daftar TulisanYang dimuat di media massa


5.    Mendongeng

Satu lagi nie hobiku..MENDONGENG.

Hobiku ini juga belum lama lho…itu muncul sejak aku bertemu dengan Kak Bimo seorang Juara Nasional Mendongeng. Waktu itu aku bertemu di Gedung Mandala Bakti Wanitatama. Tepatnya  dalam rangkaian acara Jogja Muslim Fair. Setelah aku menyimak dongengnya, ternyata dongengnya saat lucu da menyentuh. Usai acaranya pun aku langsung membeli bukunya, minta tanda tanngannya dan berfoto dengan Kak Bimo.


Mulai saat itu, aku sering mendengarkan dongengnya melalui klip yang ku download dari You Tube. Aku pun mencoba mempraktekkan mendongeng di depan anak-anak TPA dan juga tak praktekkan di depan anak-anak MI Wahid Hasyim. Ternyata luar biasa hasilnya, anak-anak pun suka dan mengpreasiku. Lama-kelamaan anak-anak minta didongengin terus…waahh..habis juga ceritanya nieh…

Dan pada puncaknya ada lomba di acara Akhirussanah PP. Wahid Hasyim. Aku pun mendapat tugas untuk mewakili asrama untuk mengikuti lomba dongeng. Ternyata, tak ku duga..ketika pengumuman kejuaraan, eE..aku kok mendapatkan juara 1. Wahhh,,bener2 tak percaya awalnya. Tapi itu memang benar-benar nyata.

Aku hanya bisa bersyukur dech…Alhamdulillah.

Itulah sekedar cerita tentang beberapa hobi-hobiku…

Silahkan berikan masukan dan arahan ya….????

Makacih….!!! J J J



5 komentar:

Unknown mengatakan...

kalo dari saya ya mas mansur,, sangat mendukung mas mansur untuk melanjutkan ke qiro'ah n nyanyinya. karena keduanya berkaitan sama suara,jadi ya pilih keduanya. :D
suaranya mas mansur kn bagus,, dan sekarang thu uwdah jarang anak muda yang punya minat dalam hal itu, meskipun sebenernya mereka mmpunyai bakat.
tp itu hanya saran aja lhoo,, hehe,,, semoga bisa smpai internasional. :) amiiiinn

Unknown mengatakan...

kalo dari saya ya mas mansur,, sangat mendukung mas mansur untuk melanjutkan ke qiro'ah n nyanyinya. karena keduanya berkaitan sama suara,jadi ya pilih keduanya. :D
suaranya mas mansur kn bagus,, dan sekarang thu uwdah jarang anak muda yang punya minat dalam hal itu, meskipun sebenernya mereka mmpunyai bakat.
tp itu hanya saran aja lhoo,, hehe,,, semoga suksess, bisa smpai internasional. :) amiiiinn

Unknown mengatakan...

keren banget. sukses selalu

Chusnul Chasanah mengatakan...

ini nie... yang bikin merinding....

sebenernya kalo ber-angan sedikit realistis bakat saya hampir sama dengan kamu pak.... cuman, kapan saya bisa sehebat jenengan?? :(

Muhammad Mansur mengatakan...

makasih teman2 atas masukan dan sarannya ya :)