Sabtu, 13 Juli 2013

GALAU PINGIN USAHA

Hari ini aku benar-benar sungguh galau. Aku teringatkan kembali tentang kata-kata omku yang kuliah tak meminta orang tua. Aku merasa bersalah belum bisa sepertinya...
           Bapak ibu menyuruhku untuk langsung melanjutkan kuliah S2 setelah S1 selesai. Namun, aku bimbang...aku malu minta uang orang tua terus. Aku pingin punya penghasilan sendiri, punya uang sendiri untuk hidup di jogja, biaya hidupku, nyekolahin adikku, dan kuliah S2 dengan biaya sendiri.
           Aku dah punya komitmen dari dulu untuk tidak minta uang kiriman lagi dengan orang tua. Namun, sampai saat ini, SEMESTER 8 sudah mau WISUDA. Tapi masih juga minta uang orang tua. Aku malu...malu,...
Kapan ya...aku punya usaha sendiri? Huft..
Buka-bukan contak hp, teringat mbak Ana yang dulu datang ke pondok memberikan shodaqohan nasi bungkus. Beliau adalah ahli dalam bidang bisnis. Ketika aku SMS beliu, beliua berbicara panjang lebar tentang usaha.
           Aku memang harus mengenali diriku dulu. Aku g boleh takut mencoba usaha, mula dari nol..mulai dari kecil dulu...jadi kalau rugi tidak terlalu banyak mengalami kebangkrutan.
SMS yang membuatku terhenyak adalah berikut.
           “Kamu itu laki-laki, kelak akan nyari nafkah buat keluargamu. Apa-apa harus bisa berdiri di kakimu sendiri. Kamu laki-laki, belajar tanggungjawab dengan dirimu sendiri. Kalau jiwa-jiwa pemimpin, tidak akan menyerah dengan keadan karena dia nggak bisa ikut orang.”

Kurang lebih seperti itu..
Ya Allah...maaf selama ini aku menjauh darimu. Dekatkanlah aku dengan Mu Ya Allah...dan tunjukkan petunjukmu untukku.
Apa kira-kira usaha yang pas buatku.
Ya Allah tunjukkan jalan untukku.....
Amin.
Depok, 24 Juni 2013

Tidak ada komentar: