Sabtu, 13 Juli 2013

Juara 3 Lomba Dongeng DIY


Senin, 1 Juli 2013 merupakan hari yang mengembirakan bagiku. Aku benar-benar tak menyangka bisa mendapatkan juara 3 Lomba Dongeng tingkat DIY yang digelar di UNY dalam rangkaian acara Islamic Book Fair 2013.
           Tepat satu hari sebelum perlombaan kebetulan aku mengikuti training BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) di SPA Yogyakarta. Kebetulan waktu itu pematerinya adalah Kak Aris Pahlawan Bertopeng. Beliau membawakan materi yang memang sangat aku butuhkan. Terutama yang paling tak perhatikan tentang tata cara bercerita dan olah vokal.
           Usai acara pun aku berusaha berkenalan dengan beliau. Dan ternyata beliau ini adalah juri lomba Dongeng yang akan digelar hari esoknya di GOR UNY. Aku pun mendapatkan sebuah materi yang lebih mendalam tentang mendongeng. Beliau menyampaikan sebenarnya kriteria lomba dongeng adalah yang penting cerita singkat dan harus memang benar ada pesan moral yang jelas. Didukung dengan pembawaan dan oleh vokal yang  bagus.
           Setelah aku benar-benar mengetahui kriteria yang dikehendaki juri, pada malamnya aku pun berlatih dengan semampuku dengan memenuhi kriteria yang di syaratkan oleh juri. Aku berusaha mencari tema yang singkat, menarik dan ada pesan moral yang terkandung. Kemudian, aku pun menemukan judul cerita “ Cemplon Di Serang Virus”. Akupun berlatih di depan kaca dan mempraktekkan karakter suara dalam cerita tersebut.
           Keesokan harinya aku pun bertanding dengan kawan-kawan se DIY. Alhamdulillah penampilan sudah bisa lumayan maksimal, hanya masalah menirukan vokal yang belum begitu sempurna. Namun, masalah ke PD an alhamdulillah sudah PD, berbekal dari juara 1 lomba mendongeng di PP. Wahid Hasyim aku bisa menjadi percaya diri dengan kemampuanku. Dan alhamdulillah, ketika pengumuman aku mendapatkan juara 3. Aku sangat bersyukur dengan yang aku raih, mengingat aku masih pemula dalam bidang ini.
           Ke depan aku akan terus mengembangkan kemampuanku dengan terus berlatih pada orang-orang yang memang sudah ahlinya. Aku yakin, suatu saat aku pasti bisa seperti kak Bimo, Kak Deden, Kak Aris pahlawan bertopeng dan lain-lain.

                                        Depok, 11 Juli 2013

Tidak ada komentar: