Sabtu, 13 Juli 2013

Khutbah pertama, Alhamdulillah Sukses.

Jum’at, 12 Juli 2013 adalah moment bersejarah bagiku. Iya...hari itu adalah pertama kalinya aku khutbah Jum’at dengan jamaah masyarakat umum. Tepatnya yaitu di masjid Sirotul Jannah Papringan. Berbekal pengalaman khutbah Jum’at waktu PPL KKN di SMA N 1 Patuk, aku beranikan diri untuk berdiri diatas mimbar, bukan untuk menggurui orang lain tapi itu sebagai ajang latihan untuk bisa berbagi ilmu dan untuk tujuan dakwah yang semoga bisa membawa orang lain pada jalan kebaikan.
           Sebenarnya, aku tidak mempunyai jadwal untuk menjadi khutbah Jum’at. Tapi aku benar-benar dipaksa Pak Luqman seniorku untuk menggantikannya. Entah tak tahu kenapa, ketika ada jadwal khutbah selalu dilimpahkan kepadaku. Dengan berdalih, untuk latihanku. Alasan lain, misalnya mau ketemu dosen dan seterusnya.
Terus dan terus memojokkan aku untuk mau menggantikannya. Aku berpikir, kalau aku melihat dari pribadiku sendiri sebenarnya aku belum pantas mengemban amanah sebagai khotib Jum’at. Mengingat, aku belum sepenuhnya menjadi hamba Allah yang baik dan belum sepenuhnya menjalankan perintah perintahNya. Namun, setelah ku pikir ulang, ya itu merupakan media latihanku ketika aku hidup di masyarakat. Kalau tidak sekarang berlatih, lalu kapan lagi. Dan kuputuskan untuk mau menerima tawaran Pak Luqman, santri seniorku.
           Apa yang terjadi? Pada awalnya memang aku agak kurang percaya diri, tapi alhamdulillah setelah berjalan rasa kurang percaya diri itu hilang dan bisa menyampaikan khutbah secara stabil dan dengan intonasi yang menurutku sudah pas. Teringat sebuah pelatihan khutbah Jum’at di kecamatan Depok, bahwa kebanyakan jamaah akan tidur jika mendengan khutbah yang monoton yang dibawakan tanpa sebuah semangat. Maka dari itu, aku benar-benar berusaha membawakannya dengan semangat dan intonasi yang pas. Alhamdulilah.., sukses. Ternyata terlihat para jamaah sepertinya tak ada yang tidur dan menyimak dengan seksama apa yang aku sampaikan.

           Depok, 13 Juli 2013



Tidak ada komentar: