Sabtu, 13 Juli 2013

Dongeng itu Memang Mengesankan


Kini aku tahu setelah mengaplikasikannya, metode dongeng merupakan sebuah metode yang bagus untuk menanamkan pesan-pesan moral kepada diri anak. Ya...hal itu saya rasakan ketika sering kali saya mengajar di kelas menggunakan metode dongeng. Sangat beda sekali bedanya dengan ceramah yang membosankan. Dongeng merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan para siswa ketika saya masuk kelas. Mereka sepertinya merasa ketagihan dengan cerita. Tapi itu tak masalah, disitulah saatnya kita memasukkan pesan-pesan moral melalu cerita yang kita sampaikan.
           Tak jauh beda dengan anak-anak di TPA. Selalu saja mereka minta saya cerita, terkadang saya juga bingung juga mau cerita apa.. Ya..maklum, stok terbatas. Tapi tetep saya usahakan untuk tetep cerita, ngawur ngalor ngidul menceritakan hal-hal yang berada di sekeliling kita. Yang penting ada sebuah pesan yang di sampaikan. Ya...sebagai guru memang di tuntut untuk kreatif.
           Dengan metode dongeng, anak akan bisa menangkap pesan dari sebuah cerita dengan sendirinya. Dan itu akan masuk kedalam memori otak anak yang akan terus mereka ingat sampai kapanpun. Akan sangat berbeda dengan ceramah yang terkesan mendekte dan menggurui anak. Dan sudah menjadi sifat manusia termasuk anak, kalau mereka tidak suka di gurui harus begini harus begitu.
           Melihat dari efektifnya metode dongeng untuk menyampaikan pesan-pesan moral kepada anak. Tentunya, tak hanya guru saja yang harus bisa mendongeng. Para orang tua seyogyanya juga bisa mendongeng minimal untuk anaknya sendiri. Dengan tujuan untuk menanamkan karakter kebaikan kepada diri anak. Mendongeng bukan hal yang rumit, yang penting kita bisa bercerita dan kita buat anak agar tertarik dengan cerita kita. Tidak harus lucu, yang penting ada pesan kebaikan dalam cerita itu. Masalah variasi suara sebenarnya merupakan hal pendukung saja untuk menarik perhatian anak agar antusias mendengarkan cerita.
           Yuukk...kita sama-sama belajar mendongeng, saya juga masih terus berlatih untuk memperbaiki kualitas mendongeng agar pesan-pesan kebaikan yang terkandung dalam cerita bisa benar-benar tersampaikan.
Selamat mencoba... !!!
                                                                                                      Depok, 13 Juli 2013






Tidak ada komentar: