Selasa, 10 Desember 2013

Cara menulis Artikel di Harian Jogja


INI TEMA BUAT SELASA DEPAN.  17/ 12/ 2013
***MONGGO***
========================================================================


=================================================================================
Sahabat sahabat pembaca, semua orang mampu menulis. Aktifitas menulis memang tidak bisa terlepas dari kehidupan. Untuk mengerjakan tugas sekolah/ kuliah perlu aktifitas menulis, komunikasi juga bisa lewat tulisan, entah itu via. sms, lewat FB, Twitter, dan jejaring social lain.Namun, untuk  menjadikan tulisan kita bernilai jual, inilah yang tak mudah. Salah satunya melalui artikel ilmiah populer di media massa. Dalam sesi kali ini akan membahas bagaimana cara menulis artikel di salah satu media lokal yang ada di Jogja, yaitu Koran Harian Jogja. Koran ini cocok untuk sahabat-sahabat pembaca yang baru belajar menulis di media massa, termasuk saya ini.
Perlu kita ketahui bersama nie.. rubrik yang akan kita tembus adalah rubric di Suara Mahasiswa Harian Jogja. Rubrik ini terbit satu kali dalam satu minggu, yaitu HARI SELASA. Dan perlu diketahui pula, bahwasannya rubrik ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa, jadi untuk para guru dan dosen, mohon maaf bisa menembus rubrik ini,.hehe…Buat para guru/ dosen, jangan khawatir, masih banyak rubrik lain yang bisa ditembus.
        Hmm.. langsung aja ya…ini langkah-langkahnya:
1.    Baca dan pahami tema yang telah ditentukan oleh HARIAN JOGJA.
(Biasanya tema tercantum di kotakan bagian bawah Koran). Jikalau kita akan menulis pada Selasa minggu depan, berarti kita harus tahu dulu temanya dari edisi hari Selasa di minggu ini.
2.   Setelah tahu temanya, maka perbanyak bacaan dan pengetahuan  tentang tema diatas (bisa melalui media massa, berita di radio atau TV, dll)
3.   Mulailah menulis.
Tulislah apa yang Anda pikirkan terkait tema yang dibahas, ikuti dan tulis apa yang anda pikirkan. Abaikan perasaan bahwa tulisannya bagus atau jelek, yang terpenting biarlah proses menulis berjalan sampai  tulisan jadi. (Catatan: panjang tulisan minimal 2500 karakter)
4.  Setelah tulisan jadi, saatnya proses EDITING.
Baca kembali tulisan Anda, perbaiki yang menurut Anda kurang pas. Baca ulang lagi, perbaiki lagi, dan seterusnya sampai Anda yakin tentang kualitas tulisan Anda.
Eits…jangan lupa, usahakan jangan ada kesalahan pengetikan, walaupun hanya 1 huruf saja, redaksi tak akan mau mengedit-edit tulisan Anda. Hehe..
5.   Beri judul yang sesui dengan artikel Anda. Usahakan judul yang menarik, dan tidak ambigu.
6.   SAATNYA KIRIM DECH….
Pengiriman lewat email redaksi@harianjogja.com sebelum hari Sabtu (hal ini karena Rubrik ini muncul di hari Selasa.Jangan lupa dalam pengiriman sertaikan foto dan scan kartu mahasiswa.
Tunggu dechh…tulisannya dimuat apa tidak. Kita harus aktif memastikan tulisan kita dimuat apa tidak, karena tidak semua redaktur member tahu kalau tulisan kita dimuat.
KALAU dimuat, jangan lupa bersyukur, Alhamdulillah..dan SISIHKAN sebagian honor untuk kepentingan umat, hehe..
KALAU tak dimuat, COBA LAGI dan COBA TERUS…!!!!

Itulah beberapa langkah-langkah mengirim artikel di KORAN HARJO. Semoga bermanfaat. Jangan biarkan pikirkan kritis ANDA hanya berputar-putar dalam pikiran, tapi tuliskan dengan niat berbagi dan memberikan inspirasi. SELAMAT MENCOBA YA….!!!! J J J

Contoh artikel: silahkan lihat http://mansurhijaz.blogspot.com/p/blog-page.html

Tidak ada komentar: