Senin, 16 Desember 2013

Jangan Anggap Remeh Ekstrakurikule (KR ,12/02/13)


Jangan Anggap Remeh Ekstrakurikuler

Setiap orang pasti mempunyai bakat dan potensi masing-masing. Tak ubahnya siswa kita, mereka mempunyai bakat, potensi ataupun kecenderungan masing-masing dalam satu bidang tertentu. Hanya saja, terkadang para guru mengabaikan hal itu. Guru hanya memandang siswa hanya dalam tataran kognitif saja, padahal dibalik itu semua, kemungkinan siswa mempunyai keahlian atau ketrampilan tertentu yang tidak dipunyai oleh siswa lainnya. Inilah yang kerap terjadi  di dunia pendidikan kita.
Media pengembangan bakat dan potensi siswa yang sering kita kenal saat ini sering kita sebut dengan kegiatan ekstrakurikuler. Ada banyak macam kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya kegiatan olahraga, pencak silat, marching band, menyanyi dan menari, pelatihan menulis,  qiro’ah, kaligrafi, pelatihan pidato/ ceramah, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diselenggarakan sekolah dalam rangka mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tentunya tidak semua kegiatan diatas harus diikuti siswa, namun disesuaikan dengan kecendurangan bakat dan potensi siswa lebih mengarah pada kegiatan apa. Jika siswa mempunyai hobi mengarang, maka bisa diikutkan kegiatan pelatihan menulis, jika siswa lebih cenderung senang bermain bola, maka berikan fasilitas kepada siswa yang bersangkutan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola.
Kegiatan ekstrakurikuler ini mempunyai banyak manfaat disamping untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa, tetapi juga dalam rangka untuk mempersiapkan siswa lebih dini dalam mengikuti perlombaan-perlombaan yang diadakan tiap tahunnya. Karena hampir tiap tahun, banyak diselenggarakan kegiatan perlombaan yang diadakan oleh lembaga formal ataupun non formal. Keikutsertaan siswa dalam mengikuti lomba, tentunya akan mengangkat citra sekolah apabila siswa yang bersangkutan memenangkan perlombaan. Hal ini akan sangat berdampak pada nama baik sekolah yang akan semakin tinggi karena prestasi yang diperoleh siswa.
Terkadang ekstrakurikuler yang ditekuni siswa malah mengantarkan pada kesuksesannya. Banyak lulusan-lulusan dari lembaga pendidikan yang sukses bukan karena kemampuan kognitifnya, tetapi lantaran ketrampilan yang ia kembangkan di sekolahnya dulu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Maka dari itu, kita tidak boleh menganggap remeh kegiatan ekstrakurikuler. Mari, terus kita kelola kegiatan ekstrakurikuler dengan sebaik-baiknya dalam rangka mengembangkan bakat dan potensi anak didik kita.

*)Muhammad Mansur, Guru sekaligus Waka. Kesiswaaan MI Wahid Hasyim

Tidak ada komentar: