Senin, 16 Desember 2013

Membangun Karakter Anak Lewat TPA (KR, 23/10/12)



Membangun Karakter Anak Lewat TPA

            Hadirnya Taman Pendidikan Al Qur’an atau yang kerap kita sebut dengan TPA memberikan nuansa keislaman bagi anak-anak kita. Tak ubah TPA bagaikan lembaga pendidikan yang menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam pembentukan karakter dan mental spiritual anak.  Hampir semua kampung atau wilayah pedesaan mempunyai TPA yang memberikan warna kehidupan bagi anak-anak. Namun, sangat disayangkan gema keberadaan TPA masih terdengar lirih, antara ada dan tiada. Hal itu karena TPA yang ada di masing-masing wilayah kurang dikelola dengan baik. Al hasil, TPA hanya berjalan di tempat (stagnan) tanpa perubahan menuju kualitas yang lebih baik.
            Menjadi sebuah tanggungjawab kita bersama agar kehadiran TPA yang ada di wilayah perkampungan bisa menggema. Tentunya, peran tokoh ataupun sosok relawan sejati yang ada di wilayah yang bersangkutan sangat diperlukan. Dalam hal ini, kita harus menyadari akan pentingnya TPA dalam perkembangan karakter dan mental spiritual anak. Yang lebih mulia lagi adalah bahwa TPA menjadi ladang pahala yang besar bila kita ikhlas dalam mengelolanya. Hal ini akan memotivasi diri kita untuk menghidupkan TPA dalam rangka menyiapkan generasi penerus bangsa yang berkarakter.
            Tidak salah ketika pembelajaran TPA dilakukan di luar kelas untuk mengenalkan kebesaranNya atau dengan game-game edukatif yang mampu membangun karakter pada diri anak. Nampaknya hal ini akan membuat anak-anak merasa tertarik untuk rajin mengikuti TPA. Disitulah kita masuk untuk menanamkan karakter-karakter kebaikan pada diri anak, disamping pembelajaran Iqro’ atau Al Qur’an.
            Saat ini, marilah kita bersama-sama menggemakan TPA yang ada di wilayah masing-masing dengan meningkatkan pengelolaan TPA yang baik. Tentunya harus dimulai dari struktur pengurus yang jelas, program pembelajaran yang jelas dan terkonsep, serta kegiatan-kegiatan TPA yang menggigit.  Bagi yang sudah ada mari kita tingkatkan kualitasnya dan bagi yang belum ada mari kita bangun sedari nol. Bisa diambil satu contoh, TPA EL ZAHRO sebuah TPA di daerah Gaten, Condongcatur, Depok, Sleman yang didirikan 2 tahun lalu. Keberadaannya dilatarbelakangi karena adanya keprihatinan terhadap anak-anak yang hanya bermain-main di sore hari  tanpa adanya kegiatan yang positif yang bemanfaat. Itu merupakan sebuah roh awal dalam rangka membentuk karakter dan mental spiritual anak. Kalau bukan kita yang peduli untuk mempersiapkan generasi yang lebih baik, lalu siapa lagi. Mari menggemakan keberadaan TPA untuk membangun generasi masa depan yang cerdas dan berkarakter.

*) Muhammad Mansur, Guru dan Pengurus TPA El Zahro
Gaten, Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta

Tidak ada komentar: