Senin, 16 Desember 2013

RESENSI BUKU ( Majalah Bakti Depag DIY Edisi September 2012)



RESENSI BUKU
Mengimplementasikan Pendidikan Karakter di Sekolah

Judul Buku             : Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah
Penulis                    : Suyadi, M.Pd.I
Penerbit                   : Mentari Pustaka, Yogyakarta
Cetakan                   : Januari 2012
Jumlah halaman      : xix + 211 halaman

Pendidikan karakter yang dulu digembor-gemborkan oleh pemerintah, kini belum bisa terlihat hasilnya, kemorosotan moral dan akhlakpun masih menjadi-jadi. Selama ini, pendidikan karakter hanya berhenti pada konsep dan teori semata. Mengenai bagaimana implementasinya disekolah dalam pembelajaran belum di bahas lebih spesifik, maka terjadilah kebingungan dikalangan guru.
Suyadi, penulis lebih dari 40 buku merespon gerakan tersebut dengan menulis buku ini. Berbeda dengan buku-buku pendidikan karakter yang ada, buku ini tidak sebatas membahas secara konseptual-teoritis semata, melainkan lebih menekankan pada penerapan secara praktis-metodologis. Bukan hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa strategi pembelajaran aktif-menyenangkan (Active Learning, Cooperative Learning, Contectual Teaching and Learning, dan lain-lain) yang bermuatan karakter. Artinya, di samping memadukan antara pendidikan karakter dengan berbagai mata pelajaran di sekolah, buku ini juga memadukan antara pendidikan karakter dengan strategi pembelajaran. Hal ini penting karena pembelajaran berkarakter akan lebih efektif jika ditunjang dengan strategi yang bermuatan karakter pula.
Suatu hal yang menarik dalam buku ini adalah pada Bab lima, dimana penulis mendedahkan terobosan baru bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam praktik pembelajaran di sekolah/ madrasah pada semua mata pelajaran, seperti Matematika, IPA, IPS, Sains, Bahasa dan Sastra, Seni, PKn, Penjasor, Seni-Budaya, dan lain sebagainya sehingga semua guru akan mendapatkan manfaat dari membaca buku ini. Inti dari penerapan pendidikan karakter dalam berbagai mata pelajaran tersebut adalah internalisasi kebenaran ilmiah yang diperoleh melalui proses pembelajaran ke dalam mind set peserta didik, sehingga berpengaruh pada perubahan pola pikir peserta didik dan berimplikasi pada perubahan perilaku serta kebiasaan hidup sehari-hari.
Jika semua mata pelajaran di sekolah dan madrasah dapat dipadukan dengan pendidikan karakter dengan menggunakan strategi pembelajaran bermuatan karakter, maka keberhasilan membangun karakter bangsa melalui pendidikan cukup menjanjikan.

*) Muhammad Mansur , Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga

Tidak ada komentar: