RESENSI BUKU
Mengimplementasikan
Pendidikan Karakter di Sekolah
Judul Buku : Menerapkan Pendidikan Karakter di
Sekolah
Penulis :
Suyadi, M.Pd.I
Penerbit :
Mentari Pustaka, Yogyakarta
Cetakan :
Januari 2012
Jumlah halaman :
xix + 211 halaman
Pendidikan
karakter yang dulu digembor-gemborkan oleh pemerintah, kini belum bisa terlihat
hasilnya, kemorosotan moral dan akhlakpun masih menjadi-jadi. Selama ini,
pendidikan karakter hanya berhenti pada konsep dan teori semata. Mengenai bagaimana
implementasinya disekolah dalam pembelajaran belum di bahas lebih spesifik,
maka terjadilah kebingungan dikalangan guru.
Suyadi,
penulis lebih dari 40 buku merespon gerakan tersebut dengan menulis buku ini.
Berbeda dengan buku-buku pendidikan karakter yang ada, buku ini tidak sebatas
membahas secara konseptual-teoritis semata, melainkan lebih menekankan pada
penerapan secara praktis-metodologis. Bukan hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa strategi
pembelajaran aktif-menyenangkan (Active Learning, Cooperative Learning, Contectual Teaching and Learning, dan
lain-lain) yang bermuatan karakter. Artinya, di samping memadukan antara
pendidikan karakter dengan berbagai mata pelajaran di sekolah, buku ini juga
memadukan antara pendidikan karakter dengan strategi pembelajaran. Hal ini
penting karena pembelajaran berkarakter akan lebih efektif jika ditunjang
dengan strategi yang bermuatan karakter pula.
Suatu hal yang menarik
dalam buku ini adalah pada Bab lima, dimana penulis mendedahkan terobosan baru bagaimana
implementasi pendidikan karakter dalam praktik pembelajaran di sekolah/
madrasah pada semua mata pelajaran, seperti Matematika, IPA, IPS, Sains, Bahasa
dan Sastra, Seni, PKn, Penjasor, Seni-Budaya, dan lain sebagainya sehingga
semua guru akan mendapatkan manfaat dari membaca buku ini. Inti dari penerapan
pendidikan karakter dalam berbagai mata pelajaran tersebut adalah internalisasi
kebenaran ilmiah yang diperoleh melalui proses pembelajaran ke dalam mind
set peserta didik, sehingga berpengaruh pada perubahan pola pikir peserta
didik dan berimplikasi pada perubahan perilaku serta kebiasaan hidup
sehari-hari.
Jika semua mata pelajaran
di sekolah dan madrasah dapat dipadukan dengan pendidikan karakter dengan
menggunakan strategi pembelajaran bermuatan karakter, maka keberhasilan
membangun karakter bangsa melalui pendidikan cukup menjanjikan.
*) Muhammad
Mansur , Mahasiswa
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar