Senin, 16 Desember 2013

Siapkan Buah Hati Ke Sekolah (KR, 18/0712)



Siapkan Buah Hati Ke Sekolah

Tak lama lagi tahun ajaran baru dimulai. Orang tua kembali disibukkan dengan persiapan putra putrinya menuju sekolah yang baru. Terkadang, dimasa awal masuk sekolah anak seringkali rewel, tak sedikit anak yang takut masuk ke sekolah barunya. Itu sering terjadi ketika anak akan memasuki jenjang tingkat TK atau SD. Hal itu memang wajar, karena anak masih dalam tahap proses adaptasi dengan lingkungannya yang baru. Pertanyaan yang sering muncul di benak para orang tua adalah apa yang perlu dilakukan orang tua, dan bagaimana orang tua harus berbuat?
Sebuah pertanyaan singkat itu memang harus diketahui jawabannya sebagai bekal orang tua dalam mempersiapkan buah hatinya menuju sekolah yang baru. Orang tua yang bijak akan selalu memberikan bimbingan dan pengarahan kepada buah hatinya. Hal itu dikarenakan kondisi anak masih labil sehingga akan bingung kalau tidak diberikan bimbingan ataupun pengarahan.
Ada beberapa hal yang perlu diketahui dan dilakukan orang tua untuk mempersiapkan buah hatinya menuju sekolah yang baru. Pertama, sebelum memasuki hari masuk sekolah, alangkah baiknya orang tua mengenalkan lingkungan sekolah yang akan ditempati untuk belajar. Hal itu sekedar memberikan pemahaman kepada si anak bahwa itu adalah lingkungan terbarunya yang akan ia tempati untuk belajar. Bisa diperkenalkan mulai dari bangunan fisik, atau tempat-tempat penting lainnya yang perlu untuk diketahui.
Kedua, hendaknya orang tua menyiapkan mental sang buah hati sebelum anak memasuki sekolah baru. Orang tua harus pandai-pandai membekali putra-putrinya dengan mental berani dan percaya diri. Orang tua bisa memberikan motivasi kepada buah hatinya untuk bermental berani dan percaya diri sebagai bekal dalam bersososialisasi di lingkungan dan pergaulan yang baru. Ketiga, yang tak kalah penting adalah orang tua perlu melibatkan sang buah hati untuk turut mempersiapkan kebutuhan sekolahnya. Mulai dari perlengkapan seragamnya sampai pada alat-alat tulis yang dibutuhkan.  Hal ini penting untuk melatih kemandirian anak, sehingga untuk selanjutnya tidak bergantung pada orang tua secara penuh.
 Keempat, di hari pertama masuk sekolah orang tua perlu membangunkan buah hati lebih awal untuk mempersiapkan buah hati menuju sekolah yang baru. Hal ini untuk menghindari perasaan was-was, ataupun tergesa-gesa yang akan mempengaruhi kondisi psikis anak. Kelima, dihari-hari pertama masuk sekolah orang tua juga perlu memberikan perhatian yang lebih kepada buah hati. Misalnya dengan menanyakan bagaimana kesan-kesan awal masuk sekolah. Dengan ditanya seperti itu, maka anak akan merasa senang menceritakan pengalamannya yang ia alami di sekolah. Dengan begitu, orang tua juga mengetahui bagaimana proses adaptasinya di sekolahnya yang baru.
Itulah beberapa hal yang perlu dipahami dan dilakukan oleh orang tua bijak dalam mempersiapkan buah hatinya menuju sekolah yang baru. Semoga buah hati anda benar-benar siap menuju sekolah barunya dengan hati riang, mental berani dan percaya diri.

*) Muhammad Mansur, Tenaga Pendidik di Boarding School MI Wahid Hasyim Yogyakarta

Tidak ada komentar: